Seputar Tanda-Tanda Mengalami Kehamilan dan Perkembangan Janin Pada Masa Kehamilan

Seputar Tanda-Tanda Mengalami Kehamilan dan Perkembangan Janin Pada Masa Kehamilan. Kehamilan pada manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu terakhir kali menstruasi dan 38 minggu pembuahan. Masa-masa hamil pada wanita terbagi menjadi 3 periode atau biasanya disebut dengan triwulan yang mana ditetapkan sebagai cara yang mudah untuk mengetahui tahap berbeda dari perkembangan janin dalam kandungan. Untuk informasi lebih lengkapnya menganai masa dan proses hamil ini dapat Anda simak di bawah ini.

Masa Kehamilan

Masa Kehamilan

Tanda-Tanda Awal Diketahui Adanya Kehamilan

Seorang wanita yang hamil biasanya diketahui dengan adanya tanda-tanda berikut ini: perubahan psikologis merasa lebih sensitif, perut terasa sering mual, tubuh mudah lelah, mengalami morning sickness, bahkan untuk beberapa kasus ada yang pingsan, serta mengalami ngidam. Maka, bila dirasakan tanda-tanda tersebut muncul, untuk kejelasannya bisa diketahui dengan melakukan tes menggunakan alat tes uji hamil atau pun langsung memeriksakan diri ke dokter. Di bawah ini beberapa informasi yang terjadi selama tiap masa kehamilan:

Masa Trimester Awal Kehamilan

Bila diketahui telah hamil, maka sang ibu harus menjalani triwulan proses mengandung janin. Pada masa trimester awal kandungan, yang mana terhitung pada bulan pertama hingga bulan ketiga akan ada banyak perubahan yang terjadi pada kondisi janin yang dikandung, diantaranya yaitu setelah pembuahan embrio dalam rahim mulai berkembang membentuk janin yang mana secara terus-menerus berubah dan mengalami perkembangan pesat. Yang terjadi pada ibu hamil adalah volume darah yang meningkat sekitar 40 – 50 %, payudara yang mulai membesar, bagian areola (puting payudara) berwarna semkin gelap, secara psikologis mood akan lebih sering berubah-ubah, mulai merasakan kembung dan nyeri ulu hati, serta yang terjadi pada sebagian wanita seperti pertambahan kecepatan pertumbuhan rambut dan kuku akibat peningkatan sirkulasi hormon.

Masa Trimester Kedua Kehamilan

Pada masa ini merupakan masa perkembangan janin dalam usia 4 – 6 bulan kehamilan. Biasanya yang terjadi adalah berat badan mulai bertambah, sekitar 1 – 2 kg. Pada masa trimester kedua ini telah banyak perubahan yang terjadi pada janin dalam kandungan. Misalnya, seperti detak jantung janin yang sudah mulai terdengar saat pemeriksaan kehamilan awal, kelamin janin yang semakin berkembang, dan gerakan janin dalam kandungan yang mulai dapat dirasakan. Janin juga sudah mulai peka terhadap rangsangan, sebab bagian otaknya sudah berkembang dengan pesat dan bayi akan semakin aktif dengan menggerakkan tangan serta kaki yang menendang perut ibunya.  Pada masa trimester kedua ini resiko keguguran juga semakin menurun, sebab kandungan sudah semakin kuat dan berkembang. Namun, tetap saja ibu hamil perlu berhati-hati dalam menjaga kandungannya.

Masa Trimester Ketiga Kehamilan

Pada masa ini, janin memiliki perkembangan yang sudah mendekati normal atau sempurna. Semua organ di dalam janin sudah mendekati sempurna dan tinggal menunggu pematangan saja. Janin di dalam kandungan juga sudah mulai bergerak lebih aktif dan cepat bila dibandingkan pergerakannya pada bulan-bulan sebelumnya. Ibu hamil dapat merasakan gerakan kaki dan juga gerakan tangan di dalam perutnya. Pada masa ini, seharusnya sudah mulai mempersiapkan diri menjelang persalinan. Sehingga, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Ibu hamil juga harus selalu berhati-hati dan memperhatikan tanda-tanda kegawatan, misalnya seperti tanda kelahiran prematur.

Apa yang Harus Dilakukan Ibu Hamil pada Masa Kehamilan Ini?

Ada banyak hal yang harus dilakukan, diantaranya mengkonsumsi asupan nutrisi yang bergizi untuk ibu dan janin. Serta merencanakan dengan matang persiapan untuk prosesi persalinan nantinya. Guna menjaga kelancaran aliran darah, sebaiknya ibu hamil 9 bulan selalu bergerak dengan berjalan pelan-pelan agar dapat meningkatkan aliran darah ke janin dan juga mencegah pembengkakan pada kaki, varises vena, dan juga komplikasi yang lainnya. Sebaiknya pula hindari duduk dengan menyilangkan kaki, berdiri dalam satu posisi selama lebih dari 10 menit, dan melakukan perjalanan jauh.

Itulah informasi seputar tanda-tanda mengalami hamil dan perkembangan janin pada masa triwulan kehamilan. Serta, hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam masa kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah