Potensi Tersembunyi dari BISNIS TERNAK Kambing

Potensi Tersembunyi dari BISNIS TERNAK Kambing adalah peluang usaha menguntungkan. Memulai wirausaha sesungguhnya tidaklah sulit. Bidang yang memang menarik minat anda dan memiliki peluang pasar yang bagus, bisa menjadi bahan pertimbangan. Salah satunya adalah usaha ternak kambing. Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan pangan juga akan meningkat, seperti daging, susu, telur, termasuk olahan produk peternakan akan terus meningkat. Artinya hewan ternak berikut produk ternak dan hasil turunannya akan tetap jadi komoditas yang akan menghasilkan keuntungan.

bisnis ternak kambing

bisnis ternak kambing

Bisnis ternak kambing sangat menguntungkan saat ini. Apalagi dengan semakin tingginya tingkat kesejahteraan dan tingkat pendidikan masyarakat akan berpengaruh terhadap pola konsumsi. Yaitu dari pemenuhan karbohidrat menjadi pemenuhan kebutuhan akan protein sehingga permintaan akan protein asal hewani tentu akan terus meningkat. Peluang bisnis ternak bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Daging merupakan salah satu penyumbang protein hewani, disamping susu dan telur. Produksi daging sapi dalam negeri baru memenuhi 24% dari kebutuhan daging nasional. Saat ini kebutuhan daging sapi nasional baru sekitar 385,03 ton per tahun, sedangkan produksi daging nasional baru sekitar 249,92 ton per tahun. Artinya masih terjadi kekurangan pasokan daging sapi sebesar 35,1%. Hal ini menyebabkan pemerintah melakukan impor daging sapi baik dalam bentuk ternak hidup maupun daging beku.

Berbicara persoalan daging, sebenarnya ada sumber daging lain yang tidak kalah menariknya dari daging sapi, yaitu daging kambing. Pada kenyataannya budidaya ternak yang satu ini bisa sangat menjanjikan, melihat bahwa kegiatan bisnis budidaya ternak kambing atau domba belum banyak dikembangkan. Bahkan kenyataannya terdapat impor daging kambing/domba dalam jumlah yang berfluktuatif antara 475,5 ton per tahun sampai 829,6 ton per tahun.

Lantas seberapa besar ya potensi dan peluang pengembangan agribisnis peternakan, khususnya kambing dan domba di Indonesia? Selain permintaan daging yang terus meningkat, Indonesia mempunyai sumber daya ternak kambing dan domba lokal yang cukup baik dan adaptif dengan kondisi lingkungan Indonesia yang panas dan lembab. Kondisi ini membuat kambing dan domba mudah untuk diproduksi secara massal. Selain itu kecepatan pertumbuhannya mencapai 3/2 (tiga kali beranak dalam dua tahun) dan memiliki peluang yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan daging nasional.

Adanya permintaan pasar regional yang cukup tinggi membuat bisnis tenak kambing dan domba semakin menjanjikan. Malaysia dan Brunei merupakan pasar potensial bagi ternak potong Indonesia, termasuk kambing dan domba. Demikian pula, pangsa pasar kambing dan domba dibeberapa Negara Timur Tengah (khususnya arab saudi) sangat tinggi terutama untuk memenuhi kebutuhan ternak kurban (sekitar 3  juta ekor per tahun). Nah, faktanya permintaan tersebut tidak dapat terpenuhi oleh Indonesia. Penyebabnya adalah peternak kambing/domba ini tersebar pada peternakan rakyat dengan kualitas ternak yang sangat beragam sehingga menjadi kendala dalam memenuhi standar ekspor.

Sangat disayangkan, perkembangan peternakan di Indonesia hingga saat ini masih belum mengembirakan dengan berbagai alasan. Partisipasi dari semua pihak dalam membantu program pemerintah  untuk menciptakan lapangan pekerjaan di pedesaan sangat diperlukan. Salah satunya adalah melalui pengebangan peternakan kambing dan domba yang berorientasi bisnis.

Apakah bisnis ternak kambing bisa dijalankan dengan modal kecil?

Bagi anda yang ingin memulai bisnis di bidang peternakan khususnya kambing dan domba, ANGON bisa memudahkan anda untuk memulai bisnis ini lewat inovasinya yakni bertenak secara online melalui aplikasi mobile.

Anda juga tidak harus memiliki lahan, keterampilan, dan waktu untuk merawat hewan ternak berupa domba atau sapi. Karena ANGON yang akan merawatnya dengan baik, dan anda mendapatkan imbal hasil yang sangat menguntungkan. Tentunya dengan memilih ANGON untuk berbisnis artinya mendukung program pemerintah karena ANGON juga menghubungkan peternak rakyat, sentra peternakan rakyat (SPR), dan investor peternakan.

Nah, bagaimana? Anda tertarik memulai bisnis di bidang ini? Anda bisa berkontribusi dalam mengerem kebutuhan impor daging nasional sekaligus juga menyebarluaskan kemakmuran ke masyarakat. Ingin mencoba bisnis ternak kambing dengan modal kecil?


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah

berita bisnis internet gratis pada situs bomberprofit.info:

  • peluang pasar ternak kambing
  • potensi usaha ternka kambing di indonesia
Beberapa pembaca sudah memberikan 5 bintang

Ingin memberikan 5 bintang untuk informasi internet gratis?