Mengenal Bahan Baku Pipa HDPE

Mengenal Bahan Baku Pipa HDPE. Untuk urusan sanitasi, hingga sekarang Pipa HDPE masih menjadi yang terbaik. Dengan keistimewaannya, produk ini bahkan bisa digunakan hingga 50 tahun.

Pipa HDPE

Pipa HDPE

Nama pipa HDPE diambil dari bahan baku yang digunakan yaitu high density polyethylene plastic pipe atau polietilena bermassa jenis atau berdensitas tinggi. Polietilena adalah salah satu jenis bahan thermoplastik yang kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan, bukan hanya pipa.

Bahan thermoplastik memiliki sifat yang istimewa dan khas. Yaitu akan mengeras saat berada pada suhu normal dan akan meleleh saat berada pada suhu tinggi. Dalam percabangannya polietilena dikembangkan lagi menjadi 7 macam dengan simbol daur ulang, di antaranya PET, PE-HD, PVC, PE-LD, PP, PS dan O. Setiap bahan memiliki jenis plastik yang berbeda satu dengan yang lain. Dari ketujuh jenis bahan thermoplastik tersebut, empat di antaranya digunakan untuk bahan baku produk perpipaan, salah satunya pipa HDPE dan PVC.

Bahan PVC digunakan untuk pembuatan pipa PVC dan bahan PP untuk pipa PP-R terakhir bahan PE-HD untuk pipa HDPE itu sendiri. Maka, tak heran jika distributor pipa HDPE bukan hanya khusus  mendistribusikan satu  macam pipa saja. Bahan PVC secara memiliki karakter kuat dan mudah saat dicampur. Pipa dengan bahan ini relatif lebih murah, sehingga menciptakan produk pipa PVC ekonomis seperti yang kita kenal saat ini.

Bahan PP bersifat kuat, tangguh serta tahan panas. Untuk produk pipa, bahan ini digunakan untuk saluran air bersih bersifat dingin dan panas tetapi memiliki tekanan. Produk pipa jenis ini biasanya dikenal dengan nama pipa PP-R atau polipropilen random. Sementara untuk bahan PE-HD memiliki karakteristik kuat, tangguh, tahan lembab, tingkat kelenturan atau elastisitas tinggi dan keretakan lumayan rendah. Bahan ini biasa digunakan untuk produk pipa HDPE, biasanya untuk saluran air bersih bertekanan.

Sifat pipa yang tidak mudah retak dan kuat, mengakibatkan minimnya pencemaran membuat produk pipa HDPE lulus dalam standard food grade untuk sanitasi air bersih. Bahan ini bahkan tahan terhadap cuaca tropis dan dapat disesuaikan untuk instalasi pemasangan di daerah sulit mendapatkan air. Dari bahan-bahan di atas pula, tercipta harga-harga terbaik sesuai karakter masing-masing bahan baku.

Pipa HDPE sangat cocok untuk daerah sulit karena pipa ini memiliki karakter istimewa yang membuatnya aman digunakan untuk saluran air bersih. Pipa ini memiliki beberapa metode penyambungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti teknik penyambungan mechanical joint untuk jenis pipa roll, dapat dipasang tanpa menggunakan mesin penyambung atau welding machine. Butt fusion merupakan metode penyambungan dengan welding machine, untuk jenis pipa kemasan batang. Yang terakhir adalah teknik electro fusion. Cara ini menggunakan fitting khusus dengan mesin penyambung khusus electro fusion.

Distributor pipa berpengalaman akan memberi Anda solusi terbaik mengenai produk pipa terbaik sesuai kebutuhan, termasuk memilih produk pipa HDPE untuk sanitasi saluran air bersih berstandard food grade. Bukan hanya itu, distributor pipa pun akan menyarankan dan membeberkan kualitas produk beserta perbedaan harga produk pipa yang ditentukan oleh bahan baku yang digunakan untuk membuatnya sebagai referensi pembeli.

Bukan hanya harga pipa HDPE yang mahal karena bahan bakunya, tetapi juga aksesorisnya. Lagi, ini karena pengaruh bahan bakunya. Namun, untuk Anda, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Karena semua produk aman digunakan dan telah lolos uji kelayakan.