3 Pertimbangan dalam Menentukan Pilihan Diantara Sekian Banyak Software Gratis

3 Pertimbangan dalam Menentukan Pilihan Diantara Sekian Banyak Software Gratis adalah referensi teknologi untuk memperlancar bisnis online. Memaksimalkan peran perangkat komputer maupun laptop baiknya memanfaatkan beberapa jenis software gratis yang bisa didapatkan dengan mudah. Secara harfiah mungkin kebanyakan orang mengatakannya sebagai perangkat lunak tanpa keluar biaya karena ada istilah ‘gratis’ di dalamnya. Aktual nya memang demikian meski ada beberapa perangkat lunak yang oleh pembuatnya dijual dengan biaya tertentu, dan dipastikan ada keunggulan yang ada di dalamnya. Namun jika dirasa perangkat lunak gratisan sudah sesuai dengan kebutuhan, maka untuk apa harus membayar?

software gratis

software gratis

Pertimbangan Memilih Software

Baiknya kenali kebutuhan dalam memilih perangkat lunak sebab ada kemungkinan memerlukan versi berbayar. Jikalaupun tidak maka perlu selektif dalam memilih perangkat lunak tersebut, dengan pertimbangan sebagai berikut:

Memilih yang memang disesuaikan pekerjaan

Bagi pengguna komputer maupun laptop tentu menentukan perangkat lunak disesuaikan dengan sistem operasi yang dipakai. Beberapa OS tidak menyediakan sifat open source sehingga perangkat lunaknya hanya disediakan oleh pabrik perakit perangkat keras tersebut. Baiknya memilih yang dirasa paling sesuai kemudian melengkapinya dengan perangkat lunak.

Menentukan perangkat lunak pun tidak bisa sembarangan perlu memperhatikan sekian hal, salah satunya kebutuhan. Setiap orang memiliki keperluan tersendiri dalam mengoperasikan perangkat komputer yang ada. Maka pilih software yang mendukung keperluan tersebut, misalnya saja seorang desain grafis akan memerlukan software seperti Corel, Photoshop, dan sejenisnya. Berbeda dengan orang kantoran di bidang administrasi maka akan percuma membebani komputernya dengan software desain grafis tersebut. Daripada membuang space di komputer baiknya memilih yang benar-benar dibutuhkan saja.

Bagaimana cara memilih software gratis terbaru yang tepat?

Selektif memilih ukuran perangkat lunak

Jika kebetulan memakai sistem operasi open source maka akan lebih banyak perangkat lunak bisa dipilih, meski keamanannya kurang terjamin. Melihat ini maka dianjurkan untuk membatasi penanaman perangkat lunak pada komputer yang dipakai. Supaya tidak kelebihan beban mengingat setiap perangkat komputer memiliki RAM dan Harddisk dengan kapasitas berbeda. Usahakan mencari yang ukuran filenya tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan sehingga tidak berdampak pada kesehatan komputer. Namun bukan sekedar ringan, ringan dan berkualitas adalah kriteria utamanya supaya nyaman memanfaatkan software tersebut.

Mencari yang banyak direkomendasikan

Setiap kali bertemu dengan orang atau teman yang memiliki tujuan pemakaian komputer yang sama maka bisa bertukar informasi mengenai software atau perangkat lunak. Usahakan mencari tahu jenis software yang banyak digunakan oleh mereka yang memiliki sejalur dalam soal memakai komputer. Tujuannya tentu saja mendapatkan perangkat lunak yang tepat dan mudah digunakan sekaligus tidak berdampak buruk bagi komputer sehingga bisa berjalan dengan baik dan juga mencegah kerusakan. Sepatutnya lebih banyak mengenal mereka yang paham software supaya bisa menjumpai software gratis yang bisa jadi beberapa diantaranya dibutuhkan.


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah
Beberapa pembaca sudah memberikan 5 bintang

Ingin memberikan 5 bintang untuk informasi internet gratis?