Jenis Transaksi Jual Beli Online Terpopuler di Indonesia

Jenis Transaksi Jual Beli Online Terpopuler di Indonesia memberikan wawasan wirausaha bagi pengguna internet. Semakin berkembangnya jaman, tren jual beli online saat ini semakin meningkat seiring perkembangan teknologi yang kian canggih. Hal ini mendorong banyak orang yang tergiur untuk mencoba berjual beli online. Baik penjual maupun pembeli tentu mendambakan proses transaksi yang aman dan nyaman. Namun di saat ada peluang, tentu saja ada pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri. Di sinilah para pengguna jual beli online dituntut untuk memahami lebih dalam mengenai proses, resiko dan keamanan dari sebuah transaksi jual beli online.

jual beli online

jual beli online

Bagi Anda pemula bisnis jual beli online yang ingin sukses, harus memperhatikan panduan dengan cermat. Terlebih lagi bagi anda yang masih awam dalam penggunaan dunia maya, maka anda harus banyak belajar dan juga harus banyak mengumpulkan berbagai macam informasi terlebih dahulu demi meningkatkan pengetahuan Anda tentang bisnis online. Berikut ada beberapa jenis transaksi jual beli di internet secara umum yang dapat dipelajari.

Bagaimana Cara Jual Beli Online di Indonesia?

Transfer Antar Bank

Proses transaksi dengan jalan transfer antar bank merupakan jenis transaksi paling umum dan juga populer dikalangan pemain bisnis jual beli online. Transaksi jenis ini cukup sederhana, proses konfimarsinya mudah karena bisa cepat di cek oleh penerima dana/ penjual.

Prosesnya adalah pertama pembeli mengirim dana yang telah disepakati sebelumnya,setelah itu pembeli memberitahukan struk pembayaran sebagai bukti kepada penjual. Ketika dana sudah masuk ,penjual akan mengirimkan barang sesuai yang telah disepakati. Ada baiknya Anda mencari informasi mengenai si penjual di internet sebelum mentransfer uang Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan kredibilitas si penjual.

Anda bisa mendapatkan informasi tersebut melalui internet dengan cara mengetik beberapa kata kunci terkait di mesin pencari google. Informasi yang bisa Anda dapatkan berupa nomor telepon, nomor rekening, ataupun ulasan pembeli dan juga informasi lainnya. Jika seseorang tersebut pernah tersangkut masalah penipuan maupun transaksi yang tidak lancar sebaiknya Anda membatalkan niat untuk melakukan transaksi.

Salah satu toko online terpercaya di Indonesia adalah KUDO.co.id yang menyediakan berbagai produk menarik. Konsumen bisa membeli kebutuhan pulsa bulanan, paket internet murah, dan barang-barang elektronik terbaru. Selain itu, situs ini menyediakan panduan Cara Jualan Online Shop Sukses yang perlu anda pelajari.

Cash On Delivery (COD)

Sistem ini sesungguhnya masih menganut cara lama yaitu adanya pertemuan antara penjual dan pembeli. Umumnya sistem ini digunakan untuk transaksi barang second atau bekas. Dengan menggunakan sistem ini penjual dan pembeli lebih dapat leluasa dalam proses transaksi. Selain itu, konsumen bisa lebih detail melihat barang yang akan dibeli.

Kekurangan dari sistem COD ini ialah keamanan, baik penjual maupun pembeli. Hal ini disebabkan karena bisa saja orang yang akan Anda temui ternyata memiliki niat jahat. Oleh karena itu, ada baiknya saat melakukan transaksi Anda memilih tempat yang ramai atau pergi bersama orang terdekat untuk menemani Anda. Kejahatan dengan modus COD sering dimanfaatkan orang untuk melakukan kejahatan. Anda dapat membaca kejadian penipuan jual beli dengan sistem COD di forum kaskus atau komunitas jual beli lainnya.

Rekening Bersama

Jenis transaksi dengan menggunakan rekening bersama ini bisa juga disebut dengan istilah escrow. Proses pembayarannya sedikit berbeda dengan sistem transaksi jenis transfer antar bank. Dalam transfer antar bank, yang menjadi pihak ketiga adalah bank. Sedangkan dengan rekening bersama pihak ketiga-nya adalah suatu lembaga yang telah dipercaya oleh pihak penjual dan pembeli.

Pihak pembeli awalnya akan mentransfer dana yang disepakati ke pihak lembaga. Jika dana telah dikonfirmasi masuk, maka pihak lembaga akan meminta penjual untuk mengirim barang yang telah dijanjikan. Kemudian, jika barang telah sampai ke tangan pembeli, barulah dana tersebut diberikan kepada si penjual. Dengan sistem ini pembeli bisa lebih terjamin keamanannya, karena penjual hanya akan mendapatkan uang dari lembaga jika barang sudah ada di tangan pembeli. Jika terjadi masalah pun dana bisa ditarik kembali oleh pembeli. Sistem ini diminati karena dirasa lebih aman.

Kiat sukses berjualan di internet bisa diterapkan oleh siapa saja. Bahkan, seorang pemula bisa mendapatkan uang dengan cepat tanpa modal. Membuka bisnis online shop merupakan cara meningkatkan penghasilan sampingan di Indonesia. Tertarik untuk menekuni aktivitas Jual Beli Online di Internet? Sistem ini diminati karena dirasa lebih aman.


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah

berita bisnis internet gratis pada situs bomberprofit.info:

  • Informasi apa saja yang ada dalam jual beli online
  • macam jenis transaksi online
  • transaksi jual beli onlain
  • transaksi jual beli online
Beberapa pembaca sudah memberikan 5 bintang

Ingin memberikan 5 bintang untuk informasi internet gratis?