Cara Memijat Bayi Termudah, Tips Kesehatan Anak

Cara Memijat Bayi Termudah, Tips Kesehatan Anak yang bisa dilakukan oleh semua Ibu di Indonesia. Ketika bayi sudah berusia beberapa bulan, maka seorang Ibu sebaiknya melakukan pijat bayi. Cara ini bagus sebagai ikatan emosional antara Ibu dengan anak. Terlebih lagi, peneliti kesehatan menemukan bahwa pemijatan teratur dapat menjadikan tidur lebih nyenyak dan meredakan gangguan di malam hari. Bahkan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, keterampilan motorik, dan perkembangan intelektual.

cara memijat bayi

cara memijat bayi

Ibu bisa melakukan cara memijat bayi yang tepat untuk menjaga kesehatan anak. Berikut adalah beberapa tips dan teknik memijat bayi yang bisa dikerjakan di rumah. Ingat bahwa menjaga kesehatan bayi sangat penting.

Pijatan di bagian perut

Cara memijat bayi pada bagian perut dimulai dari bagian atas tubuh bayi. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam pijatan tubuh bayi yaitu dengan memijat pada bagian kiri turunkan ke bawah. Lanjutkan pada bagian kanan bayi dan ke bawah.

Lakukan teknik pijatan ini berulang kali secara teratur. Beberapa langkah ini dilakukan agar perut bayi dapat mengeluarkan gas dengan lancar. Selain itu, dapat mengatasi masalah lain seperti pencernaan dan sembelit yang mungkin saja menyerang.

Memijat kepala dan wajah

Untuk bagian muka, maka pijat dengan lembut dengan menggunakan ibu jari. Cara memijat bayi seperti ini akan membuat nyaman dan rileks mata bayi yang suka terbelalak pada malam hari. Setelahnya Anda dapat memijat dengan lembut dari pangkal alis mata turun dengan menyusuri hidungnya. Lakukan secara berulang kali agar bayi Anda dapat merasakan semuanya dengan lebih nyaman.

Cara memijat bayi di bagian dada

Pada cara memijat bayi dibagian dadanya hendaknya lakukan dengan pelan-pelan. Ini karena pada bagian dada sangat rawan dan masih sangat lunak. Di bagian ini hendaknya lakukan dengan perlahan dari bawah ke atas membentuk diagonal atau huruf X hingga ke bagian kanan dan kiri leher bayi.

Pijatan di bagian lengan bayi

Pijat dengan memutar dengan kedua tangan secara lembut. Mulailah dari bagian pundak ke pergelangan tangan. Pijat bagian telapak tangannya dengan ibu jari mulai dari telapak hingga bagian jari-jari. Usap bagian punggung tangan dari arah pergelangan tangannya ke jari-jari secara lembut. Peras bagian sekeliling pergelangan tangan bayi dengan ibu jari dan juga telunjuk.

Tips memijat bagian punggung

Tempatkan bayi horizontal di depan Ibu atau membaringkannya pada kaki yang terentang. Dengan kedua tangan di punggung bayi, masing-masing tangan bergerak bolak-balik (menjaga mereka bergerak ke arah yang berlawanan) dari pangkal leher ke pantatnya.

Pegang pantat bayi Anda dengan satu tangan. Menggunakan ujung jari, pijat di lingkaran kecil di salah satu sisi tulang bayi dan menaiki lainnya. Hindari menekan tulang belakang secara langsung. Pijat bahunya dengan gerakan melingkar kecil. Lalu pijat pantatnya dengan gerakan melingkar besar.

Pijatan di bagian kaki

Cara memijat bayi di bagian kaki merupakan bagian terbaik untuk memulai sentuhan bayi Anda. Mulailah pijatan di kaki karena bagian ini kurang sensitif jika dibandingkan dengan bagian lain dari tubuh bayi. Pijatan dengan gerakan yang melingkar dari paha hingga ke pergelangan kaki adalah ide bagus meningkatkan kesehatan bayi Anda.


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah
Beberapa pembaca sudah memberikan 5 bintang

Ingin memberikan 5 bintang untuk informasi internet gratis?