Bagian-bagian KAMERA SLR dan Fungsinya

Bagian-bagian KAMERA SLR dan Fungsinya adalah informasi teknologi terbaru yang banyak ditawarkan online shop Indonesia. Sekarang ini bukan hanya fotografer saja yang bisa mendapatkan gambar berkualitas dengan sekali jepretan. Bahkan orang-orang yang masih pemula dalam dunia fotografi juga bisa menghasilkan gambar bagus penuh dengan makna. Inovasi teknologi ini sangat bermanfaat saat Anda melakukan perjalanan wisata. Aktivitas travelling akan semakin berkesan dengan hasil kamera resolusi tinggi.

Produk kamera SLR bukan menjadi barang yang langka lagi di tengah masyarakat. Anda bisa dengan mudah membelinya dengan harga yang sangat bervariatif. Pembeli ingin cari yang nilainya ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta? Ada. bahkan sekarang banyak ponsel yang sudah disemati dengan teknologi kamera beresolusi tinggi, tak kalah jika dibandingkan dengan kamera SLR yang hadir di pasaran.

kamera SLR

kamera SLR

Namun tentunya masih ada perbedaan hasil jepretan kamera SLR orang biasa dengan fotografer profesional, yaitu jarang-jarang orang dengan kemampuan biasa bisa menghasilkan gambar bagus meskipun dengan kamera yang kualitasnya tinggi sekalipun. Namun di setiap gambar yang dihasilkan oleh fotografer pastinya bagus. Jenis kamera yang umum digunakan adalah DSLR, kamera yang memiliki beragam fitur di dalamnya. Bagi yang masih awam mungkin hanya tau sebatas dalam menjepret menggunakan tombol shutter saja. Padahal, sebenarnya ada banyak jenis tombol lain yang harus Anda ketahui fungsinya.

Belajar kamera SLR untuk pemula setidaknya ketahui terlebih dahulu berbagai jenis tombol dan juga penggunaannya secara tepat!

Apa fitur kamera SLR yang penting dipelajari?

  1. Built in flashlight, digunakan sebagai sumber pencahayaan utama, ia akan keluar dengan sendirinya saat diatur dalam tombol otomatis.
  2. Red eye reduction, digunakan dalam pengambilan gambar dan secara otomatis kornea mata menjadi merah dalam cahaya tertentu.
  3. Thumb wheel, digunakan dalam mengatur atau memilih fokus pemotretan sesuai dengan fitur advance yang dipilih.
  4. Display, bagian yang satu ini nantinya akan menampilkan model setting yang tertera pada layar, Anda juga menghidupkan dan mematikannya.
  5. Main dial, digunakan dalam mengatur tinggi dan juga rendahnya aperture hingga shutter speed atau kecepatan dalam menangkap gambar.
  6. Shutter, tergolong sebagai tombol utama yang ada dalam kamera dan pastinya sudah tak asing bagi Anda, karena ia digunakan untuk mengambil gambar. Ia adalah tombol yang paling utama harus dikenali dalam menggunakan kamera ini.
  7. Grip, grip merupakan pegangan kamera, biasanya ia memiliki bentuk menonjol yang ada bagian kanan.
  8. Tombol lensa, ada pada bagian depan, ia digunakan dalam melepas lensa dan juga memasangkannya kembali sebelum digunakan.
  9. Lensa kamera, bagian yang satu ini adalah alat vital dalam pengambilan gambar, berfungsi dalam mengatur masuknya cahaya. Lensa ini sendiri bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis yang Anda inginkan.
  10. Manual dan otomatis fokus setting digunakan dalam mengatur fokus obyek, baik secara manual atau langsung otomatis.
  11. Tombol flash, untuk bagian pencahayaan selain secara otomatis juga dapat diatur dengan menggunakan tombol flash ini, saat Anda menginginkan cahaya manual.
  12. Viewfinder, sebelum membidik obyek nantinya seorang fotografer terlebih dahulu harus menyesuaikan fokus, bagian inilah yang berperan penting.
  13. Monitor LCD, bagian yang tentunya akan selaku dipantau, baik guna kebutuhan melihat informasi pada kamera maupun untuk menampilkan hasil gambar yang baru saja dijepret.
  14. Tombol navigasi, digunakan untuk menggerakkan atau kendalikan kamera, yaitu dengan arah atas, bawah, kanan, kiri dan bentuk-bentuk lainnya adalah scroll hingga analog.
  15. Zoom ini dan zoom out, digunakan dalam memperkecil dan memperlebar sebuah obyek dengan mendekatkan dan menjauhkannya secara otomatis menggunakan fitur zoom.

Penting mengenali bagian-bagian kamera SLR ini sebelum menggunakannya.


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah
Beberapa pembaca sudah memberikan 5 bintang

Ingin memberikan 5 bintang untuk informasi internet gratis?