7 Rahasia Mendapatkan Tanah Murah di Pasaran Properti

7 Rahasia Mendapatkan Tanah Murah di Pasaran Properti. Harga properti tanah dari tahun ke tahun selalu meningkat. Anda tidak akan pernah rugi jika memilih untuk melakukan investasi tanah untuk masa depan keluarga Anda. Namun, Anda harus pintar dalam memilih tanah agar bisa menjualnya kembali dengan mudah nantinya. Sebenarnya, cara membeli tanah tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda bisa membeli tanah sendiri dengan harga yang murah dibandingkan membeli rumah melalui makelar.

Tanah Murah

Tanah Murah

Di era modern seperti sekarang, industri properti di Indonesia terus melonjak. Banyak pemain properti yang melangkahkan strategi mereka masing-masing untuk menjaga agar bisnis yang mereka lakukan tetap stabil. Namun, tantangan demi tantangan rupanya terus berdatangan.

Adanya Pilkada di berbagai daerah ternyata juga ikut mempengaruhi harga tanah di pasaran properti. Belum lagi, dalam beberapa tahun ini terdapat cukup banyak pemain asing yang datang ke pasar properti Indonesia. Itulah mengapa Anda harus siap siaga dalam mempersiapkan strategi terbaik untuk menghadapi semua hal tersebut.

Alasan Memilih Investasi Tanah

Banyak orang bingung untuk memilih investasi yang menguntungkan di kehidupan mereka. Salah satu investasi yang bisa dicoba adalah investasi tanah. Investasi ini menjadi salah satu favorit bagi banyak orang. Mengapa investasi tanah lebih menarik jika dibandingkan dengan investasi properti lainnya?

  1. Kekuatan Leverage

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan investasi properti, maka Anda bisa menggunakan pilihan untuk tidak menggunakan 100 % uang milik Anda. Anda bisa juga menggunakan orang lain termasuk pinjaman di bank. Anda hanya perlu mengeluarkan dana 5 hingga 30 persen saja sebagai uang muka atas properti yang Anda beli. Artinya, leverage nya berkisar antara 3,3 hingga 20 kali.

  1. Terdapat dua sumber pendapatan

Memilih investasi tanah akan membuat Anda mendapatkan dua pemasukan sekaligus. Pemasukan pertama datang dari pendapatan sewa tanah yang Anda lakukan dan pendapatan kedua bisa didapatkan dari capital gain. Capital gain yang Anda dapatkan tentu saja berasal dari kenaikan harga properti.

  1. Resiko yang rendah

Jika dibandingkan dengan investasi saham yang bisa naik turun secara signifikan, investasi tanah terdengar lebih menarik. Investasi tanah memiliki resiko yang lebih minim. Anda justru bisa mendapatkan penghasilan dari dua hal dengan melakukan investasi tanah.

  1. Investasi aman jangka panjang

Harga dari properti tanah biasanya tidak akan mengalami fluktuasi dalam jumlah yang banyak. Mungkin saja akan diperlukan beberapa waktu untuk mendapatkan harga properti tanah yang stabil. Namun, harga tanah dipastikan akan selalu naik dari tahun ke tahun sehingga Anda bisa menjadikan ini sebagai pilihan menarik untuk melakukan investasi dalam jangka yang panjang.

  1. Kontrol penuh

Mengapa dikatakan investasi tanah memiliki kontrol yang penuh? Anda bisa mengontrolnya dengan menggunakan beragam cara dalam rangka meningkatkan nilai properti. Contohnya saja, tanah yang Anda miliki dibangun sebuah rumah dengan desain yang mewah. Harga yang akan Anda dapatkan tentu saja akan menjadi lebih mahal nantinya

  1. Memiliki perlindungan terhadap inflasi

Harga properti biasanya memiliki fluktuasi dalam jumlah yang sangat banyak. Diperlukan beberapa waktu untuk membuat fluktuasi tersebut menjadi berubah. Pasalnya, fluktuasi tidak akan berubah dengan drastis dalam malam hari seperti pasar saham.

  1. Mengurangi beban pajak

Membeli properti tanah akan membuat Anda berhemat pajak. Membeli atas nama perusahaan biasanya akan lebih menguntungkan jika dibandingkan membeli secara perorangan. Namun, Anda juga tetap akan mendapatkan keuntungan yang besar dari pembelian properti tanah. Anda bisa membangun rumah atau pun gedung untuk disewakan kepada pihak lainnya.

  1. Menjadi kaya

Banyak orang yang berhasil menjadi seseorang yang kaya dengan melakukan investasi tanah. Pasalnya, investasi ini memang benar-benar akan mendapatkan beragam keuntungan dan salah satunya adalah dari capital gain. Contohnya, Anda membangun apartemen di tanah yang Anda beli. Nantinya, Anda bisa menggunakan uang sewa sebagai untukmengembalikan modal awal yang Anda keluarkan. Jika hal tersebut terus berlangsung, nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar setelah proses pengembalian modal selesai.

Dengan demikian, Anda benar-benar harus berpikir dengan panjang ketika memilih investasi tanah. Investasi ini benar-benar tidak akan merugikan diri Anda. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi properti tanah, Anda bisa mempelajari beberapa rahasia untuk mendapatkan tanah murah di pasar properti berikut ini.

7 Rahasia Mendapat Tanah Murah di Pasar Properti

Tidak mudah mendapatkan harga tanah yang murah di pasar properti. Anda harus memiliki tips dan strategi yang khusus untuk bisa mendapatkan tanah yang murah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan.

  1. Menaikkan tawaran dan minta menurunkan syarat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan harga yang murah di pasar properti adalah memberikan penawaran kepada penjual dengan harga yang lebih bagus. Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Contohnya, Anda bersedia menaikkan harga jika penjual menurunkan syarat-syarat pembayaran yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya saja memberikan waktu yang lebih panjang kepada Anda dalam membayar tanah. Sembari menunggu waktu tersebut, Anda bisa sambil melakukan pemasaran. Jadi, besar kemungkinan Anda bisa membayar tanah yang Anda beli saat Anda berhasil jual tanah yang lain.

  1. Bagi bangun

Rahasia nomor 2 adalah menawarkan kepada pemilik lahan untuk melakukan bagi bangun. Besar pembagian bisa disetarakan dengan kesepakatan antara pemilik lahan dengan Anda selaku pengembangnya. Skala besaran keuntungan harus dilihat dengan sedetail mungkin dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan saat proyek tersebut berlangsung. Biaya lain yang harus Anda keluarkan contohnya seperti biaya perizinan, perencanaan, dan pembangunan.

  1. Bagi hasil

Hal yang membuat pemilik lahan akan menjadi tertarik adalah dengan menawarkan bagi hasil atau bagi keuntungan. Anda bisa mengatur perjanjian tentang pembagian keuntungan. Pembagian dilakukan ketika proyek telah dilakukan 100%.  Keuntungan dari penawaran yang merupakan modal tanah akan dikembalikan kepada pemilik tanah dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

  1. Barter dengan keahlian

Anda bisa menawarkan jasa atau barang sebagai pengganti uang untuk membeli tanah atau lahan yang akan Anda beli. Contohnya, pemilik lahan membutuhkan material yang akan digunakan dan Anda kebetulan memilikinya. Hal ini mungkin cukup tidak masuk akal, namun ini sangat cerdas dalam melakukan negosiasi lahan.

  1. Pembayaran bertahap

Jika Anda merasa yakin dengan lahan yang akan Anda beli pasti akan membuahkan keuntungan yang besar, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk meyakinkan pemilik lahan tentang prospek keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan. Pemilik lahan pun nantinya sangat tertarik dengan perihal lahannya akan membuahkan hasil yang besar. Jika pemilik lahan benar-benar tertarik, maka Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan pembayaran bertahap.

  1. Laporan keuangan

Untuk meyakinkan pemilik lahan tentang tanah yang akan Anda beli, Anda harus memiliki laporan keuangan yang menjadi mitra Anda. Mitra bisnis bisa berasal dari orang ataupun dari investor. Anda bisa melampirkan bukti dari laporan keuangan dan bisa ditunjukkan kepada pemilik lahan yang tanahnya hendak Anda beli. Upaya ini cukup penting untuk dilakukan mengingat hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis properti tanah yang Anda lakukan benar-benar legal

  1. Kerjasama dengan properti

Rahasia terakhir yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tanah yang murah adalah menggunakan jasa properti. Jasa properti biasanya mengetahui pemetaan lokasi tanah dengan sangat baik. Gunakanlah jasa yang berpengalaman. Namun ingat, Anda harus membagi keuntungan sebesar 3% dari penghasilan yang akan didapatkan.

Pelajari ketujuh rahasia mendapatkan tanah yang murah di atas dengan baik dan Anda pun bisa mendapatkan kesuksesan besar dalam bisnis properti yang Anda lakukan. Selama ada usaha, banyak jalan yang akan bisa Anda lalui dengan baik.