5 Tips Penting yang Perlu Diketahui dalam MERAWAT GENSET

Cara merawat genset sebenarnya tidak sulit, asal Anda disiplin dalam pengerjaannya. Karena generator set ini adalah barang elektronik yang sangat mungkin rusak jika tidak dirawat dengan tepat.

Merawat Genset

Merawat Genset

Ada beberapa tips untuk perawatan genset agar awet dan tahan lama. Selain itu dengan perawatan yang tepat, genset yang Anda miliki pun akan memberikan kinerja yang optimal. Apa saja tipsnya? Yuk, simak berikut ini

Memanaskan genset secara berkala

Walau tidak akan digunakan, memanaskan genset itu perlu. Sama seperti mobil atau motor, jika tidak dipanaskan, akan “ngadat” tidak mau distarter. Begitu pula dengan genset. Jika tidak dipanaskan, genset akan sulit distarter. Hal itu disebabkan karena mesin yang tidak dilumasi oli dengan baik. Jadi supaya genset bisa bekerja dengan baik, panaskanlah secara berkala.

Periksa selalu air radiator

Jangan biarkan air radiator habis karena akan membuat genset rusak. Jika airnya kering, tentu akan memengaruhi kinerja genset dan memperburuk kondisinya. Selalu cek ketersediaan air radiator untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Pastikan pengoperasian genset dengan benar

Saat akan menggunakan genset, baik itu baru atau bekas, pastikan Anda tahu cara mengoperasikannya. Baca selalu buku petunjuk penggunaan atau jika kurang yakin, gunakan jasa operator genset. Operator akan membantu Anda mengoperasikan genset dengan tepat.

Jaga selalu kebersihan genset

Tahukah Anda bahwa genset yang kotor akan memperpendek usianya? Genset memang harus rutin dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menumpuk. Karena jika sampai ada kerak, genset lambat laun akan rusak. Pembersihan genset pun bukan hanya di luarnya saja. Bahkan di bagian bahan bakar, juga harus dibersihkan agar solar tidak tercampur endapan partikel kotoran yang membuat mesin tidak mau menyala.

Ganti spare part yang sudah tidak layak

Spare part seperti layaknya tubuh manusia, akan lekang oleh waktu sesuai dengan penggunaannya. Jika ada spare part yang sudah aus atau tidak layak, segera ganti dengan yang baru. Spare part yang aus akan memengaruhi komponen lain dan bisa menyebabkan kerusakan permanen.


silahkan beli Pulsa Online via Paypal untuk memudahkan isi ulang paket internet murah
5/5 (1)

Ingin memberikan 5 bintang untuk informasi internet gratis?