5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Liburan Bersama Orangtua

Siapa sih yang tidak senang berlibur? Liburan memang bukan hanya untuk kalangan muda saja, bahkan lansia pun juga masih diperbolehkan untuk traveling selama tubuhnya masih fit. Jika ingin merencanakan liburan bersama orangtua, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan guna memastikan perjalanan tersebut aman dan menyenangkan bagi semua pihak.

Kamu sebagai anak harus menimbang dan mengantisipasi berbagai hal mengingat banyaknya keteberbatasan orangtua kamu ketika bergerak atau sekadar berjalan dengan jarak yang jauh. Nah, supaya bisa menciptakan momen liburan yang seru dan mengasyikan, berikut hal-hal yang wajib kamu persiapkan sebelum bepergian bersama lansia.

1. Tentukan destinasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan destinasi wisata yang ideal untuk dikunjungi bersama orangtuamu. Misalnya, beli tiket liburan dari Jakarta ke Pekanbaru. Ketika sudah tahu mau ke mana, tinggal tentukan tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi. Pilihlah destinasi yang ramah lansia seperti yang tidak ada tangga tinggi atau jalanan tidak menanjak.

Perhatikan pula jarak tempuh yang harus dilalui oleh orangtua. Perjalanan yang terlalu jauh tentu akan mempengaruhi kondisi fisik mereka. Idealnya, jarak dan waktu yang dapat ditempuh oleh rata-rata orangtua yang sudah berusia lanjut adalah kurang dari 12 jam.

2. Cari fasilitas medis terdekat di lokasi tujuan

Poin ini juga tak kalah penting. Carilah fasilitas medis terdekat di tempat tujuan kamu bersama orangtua. Jika baru pertama kali mengunjungi tempat wisata tersebut, lakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa mencari informasinya di internet terkait rumah sakit atau klinik terdekat untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat.

Penting untuk selalu memastikan apakah rumah sakit tempat tujuan kamu berlibur bisa tercakup oleh asuransi yang kamu punya. Dengan begini, kamu jadi bisa mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar rencana. Bagaimanapun juga, kesehatan adalah perhatian utama yang harus diperhatikan saat beraktivitas.

3. Selalu sediakan obat-obatan

Jika orangtua kamu punya kewajiban untuk minum obat, jangan lupa untuk siapkan semua obat-obatannya di tas. Selain obat-obatan wajib, kamu juga harus menyediakan obat-obatan untuk kondisi yang tidak terduga seperti mabuk perjalanan atau pusing. Hal Ini sangat penting diperhatikan demi kelancaran perjalanan wisata kamu dengan orangtua.

4. Perhatikan makanan selama liburan

Sebelum memulai perjalanan, kamu harus mencari tahu makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh orangtuamu. Biasanya, orangtua yang sudah berusia lanjut punya pantangan makanan tersendiri, baik itu makanan pedas atau makanan bersantan. Dengan mengetahuinya sedari awal, kamu jadi bisa menentukan tempat makan apa yang tepat untuk dikunjungi bersama orangtua.

Ohiya, hal lain yang juga perlu kamu ingat adalah jangan sampai melewatkan jam makan. Soalnya, hal ini berkaitan dengan keperluan minum obat orangtuamu. Jika ini kamu abaikan dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kamu juga perlu untuk siap sedia camilan untuk mengantisipasi orangtua kamu kelaparan di tengah menikmati atraksi wisata.

5. Beri waktu istirahat saat berlibur

Saat membuat itinerary, baiknya tidak mengatur terlalu padat atau pun terburu-buru. Ingat, kamu tidak liburan sendirian tapi kamu membawa serta kedua orangtuamu. Orang lanjut usia biasanya gampang lelah dan membutuhkan waktu istrahat yang banyak. Jadi pastikan kamu menyelipkan jadwal 1 sampai 2 jam untuk beristirahat.

Jadi, sudah siap berwisata dengan orangtua kamu?